Agar Hati Selembut Salju

Hati ibarat cermin, dan kebenaran adalah cahaya. Hanya hati yang beninglah yang akan mampu memantulkan cahaya. Dan, hanya hati lembutlah yang akan mampu menyerap kebenaran dan membagikan keindahannya, bukan hanya pada ia sendiri, namun juga kepada insan di sekitarnya.

Ketahuilah, bahwa hati adalah panglima dalam diri kita. Jika ia baik maka baiklah seluruh tubuh. Jika ia rusak maka rusaklah seluruh tubuh. Akan tetapi, kehidupan yang penuh gelimangan maksiat telah membuat hati kesat. Hati pun keras laksana batu. Pada saat itulah, kebenaran yang berlalulalang hanya tertangkap sebagai desauan angin. Sementara kemaksiatan terasa begitu biasa, begitu wajar, dan kita lakukan tanpa sadar.

Allah berfirman, “Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras lagi.” (QS. al-Baqarah: 74). Kekerasan hati inilah yang akan menghalangi kita dari petunjuk. Akan memalingkan kita dari cahaya Ilahi. Akan membutakan mata batin. Jalan kebenaran yang terang benderang akan tertutup dari pandangan. Maka para manusia pun terjebak dalam lumpur kehinaan dan terjerumus dalam jurang kenistaan.

Buku di tangan Anda ini merupakan kumpulan dari kisah-kisah para nabi, para sahabat, serta orang-orang terdahulu nan salih, yang akan membuat kita mengucurkan air mata, sehingga hati kita yang mengeras akan sedikit demi sedikit melembut. Kisah yang digoreskan oleh mata pena seorang ulama mujahid, guru besar umat muslimin, Syaikhul Islam Ibnu Qudamah.

Wahai manusia, menangislah karena takut pada siksaan Allah. Menangislah karena keharuan akan betapa luas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Menangislah melihat nasib saudara kita yang bergelimang nestapa. Menangislah karena Allah. Menangislah, menangislah, menangislah…! Dan jika kita tak mampu menangis, maka menangislah. Menangis karena hati kita telah begitu keras, telah membatu, telah kehilangan keindahan fitrahnya.

Sumber : Buku Agar Hati Selembut Salju ( Kitab Ar-Riqqah)
Penulis      : Syaikhul Islam Ibnu Qudamah
Penerbit    : Indiva Media Kreasi
Tebal         : 328 halaman
Cover        : Soft Cover
Kategori    : Islam
Text          : Indonesia
Harga        : Rp. 50.000 Rp. 42.500,- (Anda hemat Rp. 7.500,-)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>