Warna Feses Bayi

Salah satu indikasi kesehatan bayi terkadang dapat dilihat dari BAB nya. Bentuk feses bayi, frekuensi BAB bayi dan warna bayi terkadang menjadi patokan dari beberapa orang tua untuk melihat kesehatan bayinya. Hal ini memang telah terjadi secara turun temurun di masyarakat kita sehingga banyak orang yang mempercayainya.

Secara medis ada enam warna feses bayi yang dapat dijadikan indikator kesehatan pencernaan bayi. Warna feses bayi umumnya adalah kuning atau cokelat, hijau, merah, dan putih atau keabu-abuan. Penjelasan medis mengenai indikator – indikator dari feses bayi ini adalah sebagai berikut

Feses berwarna kuning
Feses bayi yang berwarna kuning cerah dan cemerlang diindikasikan sebagai feses yang normal. Warna feses kuning normal ini dimiliki oleh bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif. Feses ini biasanya disebut dengan golden feses. Namun ini bukan berarti feses bayi yang tidak mendapatkan ASI tapi amendapatkan susu formula juga tidak bisa bagus. Biasanya warna feses bayi dengan susu formula atau ASI tapi dicampur dengan susu formula maka feses bayi cenderung kuning lebih gelap atau kuning tua, agak cokelat, cokelat tua, kuning kecoklatan atau cokelat kehijauan.

Feses berwarna hijau

Feses bayi yang berwarna hijau juga termasuk kategori normal. Namun dengan catatan, warna feses bayi juga tidak boleh terus menerus berwarna hijau tapi sesekali warna feses bayi harus juga kuning. Jika terus menerus berwarna hijau, maka ada yang salah dengan cara ibu memberikan ASI. Warna feses hijau cenderung membuat bayi buang gas terlalu sering (kentut terus) sehingga bisa membuat bayi merasa tak nyaman (kolik).

Feses berwarna Merah

Feses Bayi yang berwarna merah disebabkan adanya tetesan darah. Bentuk feses biasanya agak cair ataupun menggumpal. Bila ini terjadi maka dokter akan melakukan observasi apakah apakah warna merah tersebut disebabkan darah dari tubuhnya sendiri atau dari ibunya. Bila ternyata warna merah pada feses bukan dari ibu akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ada dua penyebab kondisi ini, yaitu alergi susu formula atau telah terjadi invaginasi (penyumbatan pada usus) Kedua penyebab ini harus segera mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Jika ternyata bayi mengalami invaginasi, maka solusinya adalah operasi.

Feses berwarna putih atau agak keabua-abuan

Baik dalam bentuk encer atau pada, jika feses bayi yang baru lahir berwarna kuning pucat atau putih keabu-abuan maka ibu harus waspada. Warna putih pucat ini menunjukkan gangguan pada hati atau penyumbatan saluran empedu, Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penganan secepatnya.

http://e-kehamilan.blogspot.com/2009/05/warna-feses-bayi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>