Ultrasonografi (USG)

USG (Ultrasonografi) adalah suatu alat kesehatan yang digunakan oleh tenaga medis untuk mendapatkan gambar/citra digital dari tubuh manusia. Alat kesehatan yang bebas radiasi ini membantu dokter spesialis kandungan (DSOG) untuk melakukan diagnosa atas kesehatan pasien dan janin.

USG bekerja dengan frekuensi tinggi yang terpantul kembali oleh cairan tubuh. Dengan metode ini lah kemudian alat USG dalam kondisi tertentu juga dapat digunakan untuk mendiagnosa otot, hati, ginjal dan jantung.

Dalam kehamilan, USG biasa digunakan untuk melihat kondisi perkembangan janin. Dokter juga dapat memperkirakan usia janin sampai dengan kapan tanggal persalinan bakal terjadi.

Dokter akan memberikan suatu cairan tertentu pada perut ibu hamil dan kemudian menempelkan alat pemindainya di perut. Gambar rahim ibu hamil akan terlihat begitu pula janin. Untuk ibu hamil muda (1 bulan atau 2 bulan), dokter dapat melakukan USG transvaginal (melalui vagina) bila USG cara biasa belum bisa mendeteksi adanya janin, padahal saat itu ibu hamil telah mengalami terlambat datang bulan selama 1 bulan (usia janin 2 bulan).

Namun demikian dokter dapat memastikan si ibu benar-benar hamil hanya dengan melihat kondisi kantung rahim yang telah membesar. Pemeriksaan USG transvaginal hanya dilakukan bila dokter mencurigai adanya tanda-tanda kehamilan yang berbahaya seperti hamil anggur.

http://e-kehamilan.blogspot.com/2008/06/kehamilan-dan-usg-ultrasonografi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>