Tips Berbelanja Sayuran

Kalu ngomongin capcay, yang bahan utamanya terbuat dari sayuran seger berwarna-warni, terbayang deh dibenak kita akan kelezatan dan ke segaran saat makan siang….apalagi diolah dan pada saat pemilihan bahan makanan sayuran itu sendiri tepat. Akan menghasilkan hidangan yang menggugah selera makan kita.

Sayuran merupakan bahan makanan penting, dari tiga bahan makanan yang diperlukan tubuh untuk melakukan kegiatannya. Sayuran adalah sarangnya Vitamin dan mineral, yang merupakan zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Namun apabila kita salah memilih bahan makanan sayuran pada saat berbelanja, vitamin dan mineral tadi tidak optimal kita dapatkan dari sayuran yang hendak kita oleh sebagai bahan makanan.untuk itu blogger akan share beberapa tips memilih bahan makanan sayuran yang akan kita jadikan sebagai hidangan. Berikut tips-tipsnya:

1. Berbelanjalah pada Pagi hari
Benar kata pepatah “siapa cepat dialah yang dapat”, yang maksudnya siapa yang paling cepat memilih sayuran dari tukang sayur, akan mendapatkan sayuran yang berkualitas baik pula, untuk yang berbelanja kesiangan pastinya akan mendapatkan sayuran sisa, sayuran-sayuran yang kualitasnya baik akan dipilih dan dicomot dahulu oleh orang lain.

Selain itu sayuran yang didapatkan pada pagi hari cenderung masih segar dan tidak layu gara-gara sinar mata hari. Pemilihan sayuran pada pagi hari sangatlah tepat untuk anda yang ingin mendapatkan kualitas bahan makanan berupa sayur.

2. Pilih Dipasar Subuh daripada di supermarket.

Terkadang bahan makanan sayuran yang dijual dalam keadaan terbungkus dengan mika ataupun plastik, kemungkinan besar mengalami rekayasa teknologi. Seperti pengawetan ataupun penambahan zat-zat tertentu. Jadi lebih baik anda memilih bahan makanan yang langsung dijajakan oleh petani sayuran seperti yang ada di pasar pasar. Hanya saja apabila dipasar sayuran harus dicuci bersih karena mungkin akan ada sedikit peptisida yang belum dibersihkan oleh petani sayur, cukup dengan air mengalir peptisida akan bersih.

3. Lihat dengan Indra anda bagian luar sayuran.

Analisis sederhana ini juga baik kita lakukan pada saat kita memilih bahan makanan sayuran, dengan memanfaatkan kedua indra penglihatan dan penciuman kita dapat menentukan kualitas sayuran yang baik.

Lihat bagian luar sayuran yang hendak kita beli, apabila rusak baik itu cacat ataupun memar, makan pilih sayuran yang tidak demikian, untuk penciuman dapat anda gunakan untuk mendeteksi apakah sayuran sudah tercampur zat-zat yang lain. Jika bau dari sayuran tersebut tidak sesui dengan bau khas sayurannya maka penulis sarankan kepada anda untuk memilih sayuran lainnya.

Demikian sedikit tips bagaimana memilih bahan makanan sayuran yang berkualitas untuk dijadikan suatu hidangan. Dengan memperhatikan point-point diatas blogger rasa sudah cukup bagi anda untuk dapat memilih sayuran yang layak konsumsi.

http://ahligiza.blogspot.com/2009/11/tips-berbelanja-sayuran.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>