Sirgunggu

Akar tanaman ini berkhasiat untuk mengeluarkan lendir maupun dahak yang menempel di saluran pernafasan. Tanaman ini banyak tumbuh liar di daerah pegunungan. Bahkan orang-orang di daerah pegunungan sering mengambil daun sirgunggu ini untuk makan ternak,terutama kambing. Karena mereka tidak mengetahui khasiat dari pohon sirgunggu ini.

Saya sendiri waktu berburu pohon sirgunggu ini di perbukitan perbatasan Kabupaten Pemalang -Purbalingga sangat kesulitan. Sebab biarpun setiap hari bergumul dengan berbagai macam jenis rumput dan semak,orang-orang di kaki bukit ini banyak yang tidak mengenal bentuk dari pohon sirgunggu ini.

Khasiat dan manfaat terpenting dari pohon sirgunggu ini adalah untuk bahan obat Gurah Suara.

Memang selama ini,kegiatan gurah suara seakan hanya menjadi kebutuhan para Qori,penyanyi,penyiar radio,Mc dan semua yang mengandalkan kejernihan suaranya.

Padahal gurah juga bisa untuk mengobati penyakit batuk dan asma serta menghilangkan sisa – sisa nikotin yang berkarat di daerah bronkhus. Karenanya gurah juga bisa untuk mengobati orang yang kecanduan rokok
.
Bahkan bisa jadi orang tidak lagi doyan merokok setelah melakukan terapi gurah ini.

Namun saran saya,sebaiknya jangan melakukan Gurah Suara dengan menggunakan akar ini sendirian tanpa sepengetahuan ahlinya.

http://animuwarsini.blogspot.com/2009/01/sirgunggu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>