Santun Dalam Pergaulan

Banyak orang yang kurang mengerti santun terutama mereka yang terbiasa bergaul dengan teman akrab yang sebaya. Padahal dengan mengamati tingkah laku seseorang kita dapat memberi penilaian tentang kepribadian orang tersebut.

Berdasarkan pertimbangan diatas, penulis ingin menyajikan sekilas masalah yang sering dijumpai dalam pergaulan, diantaranya :

a. Rasa ingin tahu
Setiap orang pasti tidak luput dari rasa ingin tahu. Namun, dalam pergaulan perlu memperhatikan hal-hal sebagai barikut :
Batasilah diri anda dari rasa ingin tahu yang berlebih.
Jangan seklali-kali membuka surat yang tidak ditujukan kepada anda sekalipun anda mengenal baik si pengirim atau penerima surat.
Sebaiknya anda jangan memasuki suatu ruangan yang didalamnya ada beberapa orang yang terlibat pembicaraan.
Bila anda melihat dua teman yang sedang berbisik, jangan menanyakan pembicaraan mereka.

b. Perbedaan pendapat
Perbedaan pendapat dengan teman atau sebuah kelompok terkadang tidak bisa dihindarkan, tetapi batas-batas sopan santun tetap harus kita perhatikan. Usahakan agar perbedaan itu tidak semakin meruncing sehingga akhirnya akan timbul permusuhan dan merenggangkan persahabatan.
Boleh saja anda mempertahankan pendirian apalagi kalau dianggap itu benar, tetapi jangan anda menjadi sengit seandainya teman anda tidak mau mendengarkan pendapat anda. Sehingga tanpa disadari anda lalu mencaci maki atau mengucapkan perkataan yang menyinggung perasaan.
Kalau terjadi perbedaan pendapat, jangan sampai menyinggung pribadi, suku, agama, dan lain-lain. Pertahankan pendapat anda sebatas pokok permasalahan saja.

c. Menggunakan istilah asing
Menguasai bahasa dengan baik saat ini merupakan tuntutan, namun kita harus tahu dimana dan dalam suasana apa kita menggunakannya.
Jangan menggunakan istilah yang tidak dimengerti oleh orang lain. Sebab hal itu akan mengakibatkan suasana menjadi kaku dan anda dicap sok tahu.
Bila anda menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh teman bicara anda, mungkin orang lain akan mengira anda sedang membicarakan suatu rahasia atau membicarakan seseorang.

Kita semua dapat bergaul dan bersosialisasi di masyarakat dengan sebaik-baiknya.

http://vanxvanx.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>