Saat Remaja Mulai Tak Betah di Rumah

Buat Anda yang memiliki putra-putri yang kini sudah beranjak remaja, mungkin sudah mulai sulit bagi Anda untuk membuat mereka betah di rumah. Tak bisa lagi Anda “memaksa” mereka, meski sambil berteriak-teriak sekalipun, untuk menuruti keinginan Anda agar tetap di rumah. Semakin Anda mengekang mereka maka keinginan untuk kabur akan semakin besar. Wajar saja, Anda juga dulu pernah muda kan?

Ada banyak alasan mengapa para remaja cenderung memilih “kabur” dari rumah ketimbang mendengarkan nasehat orangtuanya. Padahal disadari atau tidak remaja tersebut pasti masih sangat bergantung kepada kedua orangtua mereka. lalu bagaimana mengatasinya?

Sebagai orangtua, disiplin dan komunikasi merupakan dua kunci utama dalam menyelesaikan masalah seperti ini. Tak perlu melulu “meneriaki” anak dengan segala macam perintah, yang justru malah akan membuat mereka makin menjauhi Anda.

Ajarkanlah disiplin pada anak-anak Anda, bukan pada yang remaja saja. Sejak dini bahkan sebelum mereka mengerti apa itu disiplin. Jangan beralasan karena masih kecil Anda mendiamkan, kesalahan anak Anda. Bila Anda baru mengajarkan disiplin saat mereka beranjak remaja maka akan terjadi “bentrok” .

Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu mengenai peraturan apa saja yang harus ditegakkan oleh seluruh anggota keluarga. Anda bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana seperti jadwal menonton TV, bermain, kapan harus belajar dan sebagainya.

Diskusikan dan sepakati bersama. Sehingga nantinya mereka bisa sekaligus belajar bertanggung jawab dengan keputusan bersama yang telah dibuat. Jika anak menolak maka orangtua harus mendengarkan pendapat mereka dan carilah solusi yang bisa diterima kedua belah pihak.

Bila sudah terbiasa dengan komunikasi dan diskusi maka penegakkan disiplin dalam keluarga akan lebih mudah. Selain itu, pemberian dukungan, atmosfir rumah yang nyaman, akan turut mendukung anak agar tidak mudah kabur dari rumah

http://perempuan.com/read/saat-remaja-mulai-tak-betah-di-rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>