Mengatasi Rasa Gugup Saat Menjadi Pembicara

Sebut saja Aa Gym ataupun Tukul Arwana. Dengan kemampuan berbicara yang mereka miliki, orang-orang bisa dibuat tertawa terpingkal-pingkal, meneteskan air mata, atau bahkan berpikir tentang segala sesuatu yang telah terjadi. Mereka mampu menanamkan sebuah kesan yang mendalam bagi setiap lawan bicaranya.

Namun, siapapun yang memiliki kemampuan berbicara bukan berarti luput dari rasa gugup saat menjadi pembicara di depan publik. Gugup itu satu hal yang manusiawi, apalagi jika dilakukan untuk pertama kalinya. Meskipun gugup adalah hal yang manusiawi, bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi. Berikut ini cara mengatasi rasa gugup.

Datang lebih awal
Datanglah setidaknya 15 menit sebelum acara dimulai. Hal ini akan membantu Anda menaikkan nilai psikis dan mental diri, mampu menyiapkan segala rencana, mengantisipasi perubahan acara secara mendadak, serta proses adaptasi ruangan secara menyeluruh.

Kenali Semua Pihak Terkait
Kesuksesan seorang pembicara publik bukan semata-mata karena kehebatannya sendiri, melainkan pula atas dukungan seluruh pihak yang terkait dalam seluruh acara. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita sebagai pembicara mengetahui dan mengenal pihak-pihak terkait, seperti koordinator acara, nara sumber, para undangan, dan sebagainya.

Kenali Setting Ruangan
Memahami setting ruangan akan membantu Anda untuk menentukan posisi awal, tingkat mobilitas posisi, hingga cara terbaik untuk menyapa audiens.

Kenali Undangan atau Tamu Penting yang Hadir
Kehadiran tamu penting, seperti pejabat setempat, tokoh masyarakat, dan publik figur sangatlah mungkin dalam sebuah acara. Oleh karena itu pemandu acara wajib mengenal dan mengetahui secara detil nama lengkap para undangan penting itu.

Pahami Tujuan Acara
Saat menjadi pembawa acara, ada kalanya pembicara publik bisa terkecoh dengan tema acara yang sedang dipandunya. Akibatnya, konsep acara tidak nyambung dengan tujuan pelaksanaannya. Memahami tujuan acara akan membantu aspek psikis Anda saat memandu acar tersebut.

No One’s Perfect
Di dunia ini, tidak ada satu orang pun yang sempurna, tetapi tiap orang memiliki keunikannya sendiri. Begitu pula saat menjadi pembicara publik. Setiap orang istimewa, dan tidak bisa dibandingkan antara yang satu dengan yang lainnya. Jadi, tunjukkanlah sifat dan sikap apa adanya. Dengan segera, hilangkan rasa gugup saat berada di atas panggung, walaupun Anda sepanggung dengan tokoh idola. Sebab, di dalam diri Anda tersimpan keistimewaan yang belum tentu dimiliki oleh sang tokoh idola.

Tip mengatasi rasa gugup saat menjadi pembicara publik ini diungkapkan Bayu Krisna dalam bukunya yang berjudul Mendulang Rupiah Lewat Kemampuan Berbicara. Buku yang diterbitkan oleh Tangga Pustaka ini berisi tentang berbagai macam tip dan trik menjadi seorang public speaker andal dan cara menjual kemampuan berbicara yang Anda miliki. Dengan menjadi public speaker yang andal maka popularitas, karier, dan penghasilan pun akan meningkat.

http://tanggapustaka.com/Berita/Mengatasi-Rasa-Gugup-Saat-Menjadi-Pembicara.html

Mendulang Rupiah Lewat Kemampuan Berbicara
Penulis: Kevin Steede, Ph.D.   (Tangga Pustaka)
Nilai rata-rata: dari 0 resensi
Rekomendasikan buku ini
 
Rp 20.000
Hemat Rp 3.000
Rp 17.000

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>