Kenapa Sifat Pemalu Muncul pada Remaja?

Hampir setengah dari jumlah remaja di Amerika adalah seorang yang pemalu, mungkin sedikit mengejutkan bagi sebagian masyarakat. Tapi sebuah studi yang diluncurkan oleh pemerintah Amerika menemukan sebagian kecil dari yang pemalu itu menunjukkan tanda-tanda masalah gangguan kecemasan yang jadi penyebab utama rasa malu yang ekstrem.

Laporan tersebut mengkritisi perbedaan terminologi dari “phobia sosial” dengan “gangguan kecemasan sosial” secara medis.

“Rasa malu, adalah temperamen normal,” ujar kepala peneliti dr Kathleen Merikanges dari National Institute of Mental Health, yang selalu mencatat “nilai pemalu” dari anak-anak didiknya dalam laporan akhirnya.

Tapi menjadi sulit dikatakan jika perasaan sedih berubah menjadi depresi. Ada batasan yang belum jelas antara orang yang mendeskripsikan dirinya sebagai malu dan keadaan yang memburuk signifikan secara klinis,” tambah Merikangas.

Sementara itu, bagi remaja lelaki usia sekolah, “sifat pemalu tidak bisa begitu saja ditolerir”, papar dr. Nancy Snidman dari Children’s Hospital di Boston.

Fobia sosial cenderung nampak pada masa-masa remaja, saat anak melangkahkan hidupnya pada step awal untuk jadi lebih mandiri. The National Institutes of Health menilai sekitar 15 juta remaja di Amerika pernah mengalaminya.

Mereka yang diidentifikasi berpotensi mengalami fobia sosial, lebih mungkin memiliki masalah kesehatan mental lainnya, seperti depresi atau penyalahgunaan obat. Tapi mereka sendiri cenderung enggan untuk melakukan tes psikiatrik.

Yang perlu orang tua mengerti, anak remaja yang mengalami gangguan kegelisahan sosial justru seringkali merasa takut yang sangat berlebihan yang bisa membuat mereka mudah goyah, jantung yang berdebar-debar, bahkan menyebabkan serangan kepanikan dalam situasi sosial tertentu.

Dr. Chris Mauro mengatakan remaja sebaiknya mulai dilibatkan dengan aktivitas-aktivitas positif agar terjauh dari gejala fobia tersebut. Seperti mengikutsertakannya di kursus maupun membiarkannya dengan grup teman-temannya di musik, pramuka, karena rasa memiliki akan melindunginya.

Ia juga menrekomendasikan untuk tetap memantaunya di jejaring sosial. Di sisi lain, seorang guru sebaiknya mendorong murid-muridnya yang terlihat pemalu untuk lebih aktif.

 

http://perempuan.com/read/kenapa-sifat-pemalu-muncul-pada-remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>