Istilah Umum Persalinan

Usia kehamilan ibu telah cukup bulan? Sekarang tibalah ibu dalam tahapan lanjut dari kehamilan yaitu persalinan. Walaupun beberapa wanita takut akan proses alami ini, anda tak perlu takut karena tenaga ahli ada disekitar ibu. Bila saat ini ibu tengah menantikan persalinan yang sebentar lagi tiba, tidak ada salahnya untuk mengenal istilah persalinan sebagai berikut :

Induksi

Induksi adalah stimulasi untuk memulai proses persalinan secara normal. Induksi merangsang datangnya kontraksi yang makin kuat dan cepat.

Induksi diberikan bila ada tanda terjadi pre eklamsia. Induksi diberikan melalui obat yang diminum, melalui vagina, infus ataupun disemprotkan ke hidung

Augmentation

Augmentation adalah cara untuk memperkuat kontraksi. Augmentation dilakukan untuk mengoptimalkan gerak rahim untuk mendorong janin keluar.

Augmentation perlu dilakukan bila telah terjadi kontraksi namun tidak terjadi pembukaan yang berarti dan terkadang kontraksi melemah dan bahkan berhenti.Augmentation biasanya diberikan melalui infus.

Forsep dan Ventus

Forsep dan Ventus adalah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan bayi dari jalan lahir. Forsep berbentuk tang dengan ujung seperti sendok sedangkan ventus berbentuk cekungan yang digunakan untuk menyedot bayi.

Kedua alat bantu ini digunakan pada kelahiran normal namun bayi tidak kunjung lahir sedangkan ibu sudah tidak kuat mengejan dan kondisi bayi telah masuk kategori kritis. Dokter akan menentukan alat mana yang lebih aman digunakan pada saat itu. Forsep digunakan tanpa menunggu ibu mengejan sedangkan ventus/vakum digunakan bersamaan dengan gerakan ibu mengejan agar kepala bayi dapat menempel sempurna pada alat hisap.

Entonox

Etonox merupakan salah satu pereda sakit yang digunakan pada proses melahirkan. Etonox berupa campuran gas dan oksigen yang diberikan dengan menggunakan masker khusus.

Pethidin

Pethidin juga merupakan pereda sakit yang biasa digunakan pada proses melahirkan. Pethidin biasanya diberikan dalam bentuk suntikan bila mendekati pembukaan 10.

Bius Epidural

Epidural atau yang biasa disebut bius epidural merupakan teknik pereda rasa sakit yang digunakan pada proses melahirkan. Bius epidural diberikan lewat infus yang dipasang pada rongga tulang belakang di daerah pinggang.

Obat anestesi kemudian diteteskan via infus untuk menghilangkan rasa sakit. Dokter anestesi dengan mudah dapat mengatur dosis obat pada infus.

http://e-kehamilan.blogspot.com/2009/05/istilah-umum-persalinan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>