Ban: Perhatikan Juga Diameter Luar Ban

PENGGANTIAN pelek kerap dilakukan pemilik mobil yang ingin penampilan tampak modis. Tapi salah memilih diameter roda malah bisa berujung pada risiko lebih besar. Antara lain membuat penunjukkan spidometer menjadi ngawur, begitu pula dengan odometer dan trip meter. Hal ini terkait erat dengan pengukuran jarak tempuh, konsumsi bbm dan bahkan jadwal penggantian pelumas.

Untuk mengetahui ukuran ban pengganti yang tak terlalu banyak berpengaruh pada spidometer dan odometer, Anda perlu mengetahui dulu dimensi ban standar. Cara gampangnya, misal ukuran ban standar adalah 175/70 R13, ban pengganti yang masih masuk dalam batas toleransi adalah ukuran 185/60 R14 atau 195/50 R15.

Tapi kalau mau lebih tepat, Anda perlu mengukur diameter luar ban standar dan mencari ban dengan diameter luar yang sama. Jadi meski diameter peleknya tak sama, selama diameter luar ban sama dengan standar, penunjukkan spidometer dan odometer tak terpengaruh.

Sumber:
Majalah AutoBild, Tanggal 13-26 September 2003 Edisi 10

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>